Jumat, 18 Januari 2013

Puncak Tema Tanaman


Welcome to Pasar KBMI. Hari ini adalah puncak tema Tanaman. Dan, kita akan bermain peran sebagai penjual dan pembeli di Pasar KBMI. Ustadz dan ustadzah sudah menyiapakan semua perlengkapan yang dibutuhkan.

1. Uang-uangan kertas untuk berbelanja











2. Daftar belanjaan (karena anak-anak belum bisa membaca, maka daftar belanjaan yang dibuat berisi gambar sayur-mayur yang harus anak-anak beli di pasar)




3. Aneka sayuran segar (jagung, bayam, kangkung, wortel, kol, kentang, kacang panjang, tomat, cabe merah, cabe rawit, bawang merah, bawang putih)




4. Slide foto yang berisi tentang macam-macam tanaman, kegunaan tanaman dll.

Semua alat sudah lengkap. Setting tempatpun tak lupa untuk disiapkan.


Oke, puncak tema siap untuk kita mainkan.

Setelah berbaris, berdoa, hafalan surat dan absensi, ustadzah mulai menjelaskan kepada anak-anak mengenai kegiatan yang akan mereka ikuti pada hari ini. Ustadzah juga menerangkan cara menggunakan daftar belanjaan dan sayuran apa saja yang sudah disiapkan. 


Setelah itu, ustadzah menawarkan kepada anak-anak siapa yang ingin berperan sebagai penjual dan siapa saja yang berperan sebagai pembeli. Selesai pembagian tugas, anak-anak yang bertugas sebagai penjual dipersilahkan untuk menuju tempat yang sudah disiapkan.


Sementara anak-anak yang berperan sebagai penjual menyiapkan diri, ustadz dan ustadzah membagikan daftar belanjaan dan uang kertas kepada anak-anak yang berperan sebagai pembeli. 

Setelah itu mereka semua diajak menuju lokasi dan dibagi perkelompok sesuai tempat belanja. Setelah pembagian kelompok selesai, anak-anak dipersilahkan untuk berbelanja, sesuai dengan daftar belanjaan yang ada di tangan mereka.

Anak-anak yang berperan sebagai pembeli segera mengambil baskom plastik. Satu baskom plastik untuk satu anak. Fungsinya adalah untuk meletakkan belanjaan yang mereka pilih sebelum nantinya dibayarkan ke penjual. Bila semua barang yang ada di daftar belanjaan sudah dipilih, maka pembeli segera menyerahkan baskomnya kepada penjual.


Saatnya penjual beraksi. Penbeli yang sudah selesai memilih belanjaan, segera memberikan baskomnya kepada penjual untuk segera dihitung dan dimasukkan ke dalam kantong plastik, dan diserahkan kembali kepada pembeli dengan menyebutkan harga yang harus dibayar. Pembeli lalu menyerahkan uang kepada penjual. Dan... transaksi jual beli pun selesai.


Selesai belanja, bukan berarti kegiatan juga usai. Anak-anak lalu di persilahkan menuju tenpat yang sudah disiapkan. Mereka diminta untuk mengeluarkan semua barang belanjaan dari dalam kantong plastik. Semua barang belanjaan dikumpulkan kembali kepada ustazdah kecuali bayam.

Selanjutnya, anak-anak belajar untuk memetik daun bayam dari tangkainya. Bayam ini akan dimasak untuk menu makan hari ini. Wah, semua bersemangat memetik daun bayam.


Selesai memetik daun bayam, anak-anak diajak kembali masuk ke dalam kelas untuk cuci tangan dan bersiap untuk kegiatan makan.

Sementara anak-anak bersiap untuk makan, ustadzah Yuni langsung mencuci dan memasak bayam yang baru saja dipetik daunnya oleh anak-anak. Supaya cepat dapat disajikan, ustadzah Yuni sebelumnya sudah memasak kuah sayur bayam dengan jagung manis. Bayam hanya direbus dengan air secukupnya lalu ditiriskan dan masukkan ke dalam kuah yang sudah matang. Ngga sampai sepuluh menit sayur bayam sudah terhidang. Tak ketinggalan nasi yang sudah dicetak berbentuk bintang dan nugget goreng juga sudah ditata di mangkok. 



Selesai jam istirahat, kegiatan dilanjutkan dengan mendengarkan penjelasan ustadzah Yuni tentang berbagai hal yang berkaitan dengan tanaman. Mulai dari macam-macam tanaman, fungsi, cara menanam dan memelihara tanaman. Tentu saja dengan cara yang menyenangkan yaitu dengan menonton slide film yang sudah disiapkan sebelumnya.


Alhamdulillah... puncak tema tanaman sudah selesai terlaksana. Sampai berjumpa di puncak tema lainnya ya....

Penasaran... Yuk kita lihat MV nya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar