Jumat, 27 Januari 2017

Puncak Tema Kebutuhanku

Yeay... seru-seruan lagi kita hari ini. Ustadz dan ustadzah sudah menyiapkan beragam kegiatan keren hari ini. Hmmm... memangnya ada apa ya dengan hari ini???

Yups... betul banged. Hari ini kita berada di puncak tema lingkunganku. Ayo, kita lihat, kegiatan apa saja yang sudah disiapkan oleh ustadz dan ustadzah. Let's check this out!

1. Membuat batik jumputan











2. Mencuci dan menjemur pakaian











3. Mengocok











4. Membuat roti meses











Mari kita mulai.
Seperti biasa, kegiatan dimulai dengan berbaris. Siap graaak. Lencang depan graaaak. Dan seterusnya. Perhatikan aba-aba dari ustadzah ya! 

Selesai berbaris, anak-anak masuk ke dalam kelas dengan tertib. Kegiatan dilanjutkan dengan membaca doa dan hafalan surat-surat pendek. Tak lupa dilengkapi dengan salam dan absensi. Ustadzah mengajak anak-anak bercakap-cakap tentang kegiatan yang akan anak-anak kerjakan hari ini. 

Selesai bercakap-cakap, anak-anak diminta untuk ke luar kelas dan segera memakai sandal. Pembelajaran berpindah lagi ke luar kelas. Anak-anak diajak untuk melihat ragam main yang telah disiapkan oleh ustadz dan ustadzah. Mulai dari kegiatan mencuci dan menjemur, mengocok, dan membuat saputangan motif batik jumputan. Ustadzah juga menjelaskan cara bermain di tiap-tiap ragam main tersebut. 
Ayo...ikuti Ustadzah Yuni!
Perhatikan cara mencuci bajunya yaaa...
Setelah dicuci, segera dijemur bajunya.
Selanjutnya, ustadzah membagi anak-anak ke dalam tiga kelompok dengan jumlah anggota yang sama banyak. Setiap kelompok didampingi oleh satu ustadzah. Masing-masing kelompok menempati satu kegiatan bermain. Anak-anak akan bermain di satu kegiatan bermain. Jika sudah selesai maka akan berpindah ke tempat bermain yang lainnya lagi namun tetap dengan kelompok yang sama.

Penasaran ingin melihat aksi mereka??? Ini nih dokumentasinya.
Dikucek-kucek sampai bersih
Jangan lupa, pakai jepit jemurannya ya.
Dikocok sampai berbuih.
Tambahkan sabun cairnya 
Warnai kainnya sesuka hati
Saputangan motif jumputan hasil karyaku
Setelah semua kegiatan bermain dilakukan, anak-anak masuk ke dalam kelas kembali untuk cuci tangan dan makan bersama dengan menu roti mesis.

Kali ini anak-anak yang akan membuat sendiri roti mesisnya.  Ustadzah sudah menyiapkan roti tawar, mentega dan mesis. Anak-anak belajar untuk meraciknya sendiri.

Wah, mereka hebat-hebat semua. Tak butuh waktu yang lama, roti mesis telah selesai diracik. Karena sudah lapar setelah lelah bermain, anak-anak pun langsung menyantapnya. Jangan lupa untuk membaca doa sebelum makan dulu ya!


Usai menghabiskan roti mesis buatan sendiri, anak-anak diajak untuk mengikuti kegiatan selanjutnya yaitu mendengarkan penjelasan ustadzah tentang segala hal yang berkaitan dengan tema kebutuhanku. 

Eits... jangan khawatir akan bosan. Karena, materi tema kebutuhanku telah dibuat sedemikian rupa dalam bentuk power point yang menarik.
Power point nya dibuat semenarik mungkin :)
Bersiap untuk pulang
Alhamdulillah... Puncak tema kebutuhanku berjalan dengan dengan lancar. Saatnya untuk pulang. Tak lupa anak-anak membawa oleh-oleh berupa saputangan motig jumputan karya mereka sendiri.

Sampai jumpa di puncak tema selanjutnya yaa....



Tidak ada komentar:

Posting Komentar