Kamis, 26 Juli 2012

Puncak Tema Air, Api dan Udara

Bermain Air

Hari Rabu dan Kamis, 21-22 Maret 2012 adalah puncak tema Air Api dan Udara. Anak-anak KBMI akan diajak untuk bermain air. Bapak dan ibu guru sudah menyiapkan empat kegiatan bermain. Yaitu: membuat roket, mencuci baju, memindahkan air dengan spoon dan memancing.

Difoto dari atas
Membuat roket-roketan
Mencuci baju
Menjemur baju
Memindahkan air dengan spoon
Memancing
Beberapa hari sebelumnya, sekolah sudah mengirimkan surat pemberitahuan kepada orang tua tentang puncak tema bermain air dan meminta agar anak-anak membawa baju ganti dan sandal jepit. Alhamdulillah, tidak hanya anak yang bersemangat. Orang tua pun bersemangat sehingga tidak lupa membawa baju ganti dan sandal jepit untuk putra putri mereka.

Kegiatan dimulai seperti biasa, setelah anak-anak berbaris, membaca doa, hafalan surat pendek, ibu guru mulai bercakap-cakap tentang air api dan udara. Setelah itu, ibu guru menjelaskan kepada anak-anak kegiatan yang akan mereka ikuti hari ini serta menjelaskan aturan mainnya. Setelah selesai menjelaskan, ibu guru mempersilahkan anak-anak untuk keluar kelas memakai sandal jepit.

Kegiatan awal
Membuat kereta api dipimpin oleh wali kelas
Di luar kelas, anak-anak membuat barisan kereta api. Kemudian, anak-anak diajak untuk melihat terlebih dahulu area tempat mereka akan bermain. Ibu guru juga menjelaskan tempat bermain dan cara bermainnya. Setelah itu baru anak-anak diberi kesempatan untuk memilih akan bermain apa.
Penasaran dengan mereka??? Let's Check This Out!!!

A. MEMBUAT ROKET-ROKETAN
Di tempat main ini, anak-anak akan membuat roket-roketan. Bahan yang dibutuhkan yaitu: Baskom berisi air yang sudah diberi pewarna dan sabun cair, plastik rol dengan panjang 40 cm, gabus, corong dan gelas plastik. 

Di tempat ini anak-anak akan belajar menuangkan benda cair, belajar tentang ukuran, mengenal warna, belajar mengenai benda-benda yang tenggelam dan mengapung dll. Pokoknya seru deh. Lihat saja ekspresi wajah mereka saat membuat roket.....

Haikal
Navila
Naura
Shafa
Neysya
Roket yang sudah jadi boleh dibawa pulan

B. MEMINDAHKAN AIR DENGAN SPOON
Peralatan yang sudah disiapkan di tempat main ini adalah: baskom besar berisi air yang diberi pewarna, baskom kecil, spon.

Di tempat ini anak diminta untuk memindahkan air yang ada di baskom besar ke dalam baskom kecil dengan menggunakan spon. Spon di masukkan kedalam baskom yang besar lalu diangkat dan dipindahkan ke baskom yang lebih kecil. Agar cepat penuh, anak-anak harus memeras spon tersebut. Dan ini dilakukan berkali-kali sampai baskom kecil terisi penuh dengan air.

Tempat bermain ini melatih motorik tangan dan jari anak. Melatih koordanasi mata dan tangan. Anak juga belajar mengenal warna, belajar tentang ukuran banyak dan sedikit, belajar sabar dan tekun.

Sarah lebih suka jongkok
Shafa
Raya
Kawaiba
Deli memeras sponnya sekuat tenaga

C. MEMANCING
Wah... ini yang membuat anak-anak bersemangat untuk berangkat. Maklum di tempat main ini bapak dan ibu guru sudah menyiapkan kolam plastik berukuran lumayan besar. Ada bangku kecil (dingklik), ember kecil, pancingan, saringan untuk menangkap ikan, ikan-ikan kecil dari plastik, bola warna-warni.

Disini anak belajar memancing, belajar mengenal warna, melatih koordinasi mata dan tangan, belajar menghitung jumlah ikan hasil tangkapan, belajar bersabar dan belajar berbagi.

Bapak dan ibu gurunya jadi ingin memancing juga hehehe....

Rafa dan Sarah
Atlet cilik kita.... Dhana...
Trio Zidan Haq, Zidan Maula, Navila
Kayla... sabar menunggu :)
Nurul... Aku dapat ikannya....
Tata... Bersiap dengan jaringnya..
Naura
Neysya dan wali kelasnya
Raya... Horeeeee dapat ikan...
Mancing mania ^______^

D. MENCUCI DAN MENJEMUR
Perlengkapan yang disiapkan di tempat bermain ini diantaranya: 2 ember besar yang satu untuk merendam cucian dan yang satu lagi untuk membilas, baju yang akan dicuci, bangku kecil (dingklik), ember kecil. 

Disini anak-anak akan belajar tentang keterampilan hidup. Melatih indra peraba, koordinasi mata dan tangan, membedakan tekstur air yang bersabun dan yang tidak, melatih otot-otot tangan dan jari mereka. Dan yang menyenangkan adalah bisa bermain dengan busa sabun hehehe....

Kucek-kucek sampai bersih...
Mencuci baju adik bayi....
Nyucinya harus sampai bersih ya
Dibilas sampai tak ada sisa sabunnya ya
Danis dan Pasha. Calon Ibu dan Bapak teladan
Berhasil mencuci 2 baju :)
Tata menjemurnya luwes banged
Galing... selalu bersemangat  dan ceria

Selesai bermain, anak kembali ke dalam kelas untuk mencuci tangan dan ganti baju (bagi yang bajunya basah).  Setelah itu anak-anak berdoa sebelum makan dilanjutkan dengan menikmati menu spesial hari ini yaitu bihun goreng dan telur dadar. Hmmm... nyam-nyam. 

Ibu guru menerangkan sifat sifat air 

Usai istirahat, kegiatan selanjutnya adalah menerangkan air, api dan dan udara dengan berekperimen. Anak-anak mengamati dengan seksama penjelasan dari bu guru yang disertai dengan alat peraga.

Dan... Bermain air hari ini ditutup dengan membagikan hasil karya anak berupa roket-roketan.
Roket-roketan yang siap dibawa pulang

Alhamdulillah... Selesai juga rangkaian puncak tema di hari ini. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Sampai bertemu dengan PUNCAK TEMA selanjutnya. SAYONARAAAAAAA.....

Terima kasih untuk bapak dan ibu guru KBMI yang sudah berlelah-lelah menyiapkan PUNCAK TEMA AIR API DAN UDARA ^_______^

Miss Eni, Ibuk Dosen, Miss Ita... 
Ngga mau kalah sama anak-anak KBMI

11 komentar:

  1. WAH BAGUS BANGET ............

    BalasHapus
  2. Puncak Tema yang Menarik & Menyenangkan

    BalasHapus
  3. Aduh pasti anak anak seneng banget bu guru hebat dan kreatif

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe... Anak-anak antusias sekali bu kalau bermain air.

      Hapus
  4. Maaf kalo boleh tau beli plastik rolnya dimana yaa?

    BalasHapus
  5. Maaf kalo boleh tau beli plastik rolnya dimana yaa? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belinya di toko plasik bu. Dalam bentuk gulungan.
      Makasih kunjungannya :)

      Hapus
  6. Terimakasiihh...bisa jadi bahan pembelajaran. Izin nyontek yaaa..

    BalasHapus