Kamis, 26 Juli 2012

Puncak Tema Rekreasi

Bermain Peran Ke Museum Batik

Hari yang sangat melelahkan, tapi asyik banget. Rabu dan kamis ini adalah puncak tema REKREASI. Bapak dan ibu guru KBMI sudah menyiapakan pembelajaran yang seru hari ini. Ya, hari ini anak-anak KBMI akan diajak bermain peran ke museum batik.
Dari hari selasa siang, kelas sudah disulap menjadi museum batik. Ada empat stand yang kami siapkan. Yaitu:

a. Stand BATIK TULIS.
Di stand ini sudah disiapkan berbagai perlengkapan membatik tulis. Diantaranya kompor, penggorengan kecil, canting, malam, kain mori dan beberapa contoh kain batik tulis. Selain mengenalkan anak-anak KBMI tentang perlengkapan membatik tulis, anak-anak juga akan diajak mengikuti kegiatan melukis dengan botol kecap.

b. Stand BATIK CAP
Di stand ini sudah disiapkan perlengkapan membuat batik cap. Diantaranya kain mori, canting cap serta beberapa contoh kain batik cap. Disini anak-anak juga diajak untuk membuat batik cap dengan menggunakan kain mori dan canting cap sungguhan yang sudah dimodifikasi agar dapat digunakan oleh anak-anak dengan mudah. Hasil batik cap yang dibuat oleh anak-anak nanti dapat dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

c. Stand GALERY BATIK
Di stand ini, anak-anak akan dikenalkan dengan ragam hasil kreasi batik. Baik itu berupa kain batik, selendang, seprei, dompet, daster, celana, sajadah, sandal dan lainnya. Disini anak juga diperkenankan untuk berbelanja. Ada yang berperan sebagai penjual dan ada yang berperan sebagai pembeli.

d. Stand CAFE BATIK
Di stand ini anak-anak dapat menikmati makanan yang sudah bapak dan ibu guru siapkan. Dan sebagai tempat untuk recalling kegiatan.

Penasaran dengan kegiatannya??? Yuk kita simak melalui foto-foto di bawah ini ^______^

1. Persiapan
Hari selasa, selepas kegiatan KKPP, bapak dan ibu guru sibuk menyiapakan semua perlengkapan dan seting tempat. Selesai persiapan jam 15.30 sore. Capek tapi semua menyiapkan dengan penuh semangat.

2. Seting tempat
a. STAND BATIK TULIS dan kegiatan melukis dengan botol kecap


b. STAND BATIK CAP dan kegiatan membuat batik cap


c. STAND GALERY BATIK dan kegiatan jual beli


3. Saatnya bermain ^______^

a. Diawali dengan kegiatan pembelajaran seperti biasa yaitu membaca doa, hafalan surat pendek dan absensi. Kali ini kegiatan dilakukan di luar kelas.

b. Setelah berdoa, hafalan, absensi dan pijakan sebelum bermain, Ibuk Dosen membagikan uang kepada murid-murid. Uang tersebut akan digunakan untuk membayar tiket masuk museum dan untuk belanja didalam museum batik. 

c. Anak-anak masuk ke museum batik. mereka harus membeli tiket terlebih dahulu di loket. Petugas loket bertugas untuk menerima uang, memberi karcis dan menstempel tangan pengunjung.

d. Pengunjung yang memeasuki stand batik tulis akan diajak untuk mengenal alat-alat yang digunakan untuk membeuat batik tulis. Selain itu, mereka akan diajak untuk melukis dengan botol kecap yang sudah diiisi dengan pewarna.

e. Pengunjung yang memasuki stand batik cap akan diajak untuk mengenal alat-alat yang digunakan untuk membeuat batik cap. Selain itu, mereka juga diajak untuk membuat batik cap dengan peralatan yang sudah disediakan.


f. Di stand galeri batik, pengunjung bebas untuk melihat-lihat produk batik dan bila tertarik bisa membeli dengan menggunakan uang yang diberikan tadi.


g. Selesai mengelilingi dan mengikuti semua kegiatan di museum batik, pengunjung bisa beristirahat di cafe batik sambil menikmati menu makan hari ini dan dilanjutkan dengan recalling oleh wali kelas mereka.

Alhamdulillah, kegiatan hari ini berjalan sangat lancar. Anak-anak terlihat asyik bermain. Begitu pula dengan bapak dan ibu guru, bahagia karena jerih payah hasil ngelembur seharian tidak sia-sia.

Hmmmm... penasaran dengan ide-ide gila Bapak dan Ibu Guru KBMI selanjutnya??? Sampai jumpa di puncak tema bulan depan dengan tema PROFESI. Daaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaah ^_______^

Wajah-wajah lelah dan prihatin xixixi...
Resiko jadi guru laki-laki satu-satunya hehehe...
Monggo-monggo diborong... daster, kipas, dompet, seprei batik juga ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar