Jumat, 22 November 2013

Belajar Membuat Telur Asin Bagian Pertama

Assalamu'alaikum teman semua. Berjumpa lagi dengan kami di kegiatan membuat telur asin ala KBMI. Kegiatan ini kami laksanakan pada saat TEMA BINATANG hampir berakhir. Belajar membuat telur asin ini sangat mengasyikkan. Asyik bukan hanya bagi anak-anak KBMI saja. Tapi asyik juga bapak dan ibu gurunya hehehe....

Kegiatan membuat telur asin ini membutuhkan waktu yang agak lama dan persiapan yang agak sedikit rumit. Karena harus melalui beberapa tahapan. Nah, postingan kali ini adalah tahap pertama dalam proses pembuatan telur asin. Tahapan selanjutnya akan kita bahas pada postingan selanjutnya.

Apa saja yang harus kita siapkan? Yuk kita lihat!

  1. Tepung batu bata. Bahan ini kita proses dari batu bata merah yang kita hancurkan lalu disaring dengan saringan hingga mendapatkan tekstur yang halus seperti tepung.
  2. Abu gosok.
  3. Garam balok yang juga kita haluskan.
  4. Air secukupnya.
  5. Telur bebek.
Tidak ada takaran pasti yang kami gunakan. Tapi karena kami hanya punya waktu empat hari untuk menginapkan adonan dan telur, maka komposisi garam yang kita gunakan sangat banyak. Untuk empat butir telur bebek adonan yang kita gunakan yaitu: 2 cangkir tepung batu bata, 1 cangkir abu gosok, 1,5 cangkir garam.

Sebelum anak praktek membuat telur asin, Bu Guru terlebih dahulu memberi contoh cara membuatnya. Jangan lupa, pakai celemek dulu ya..



Mari kita lakukan!
  1. Bu guru mengenalkan satu persatu bahan-bahan yang akan digunakan untuk membuat telur asin kepada anak-anak KBMI. Setelah itu, tepung batu bata, abu gosok, garam disatukan di dalam sebuah wadah, aduk dengan tangan tangan sampai tercampur rata. 
  2. Setelah tercampur rata, masukkan air sedikit demi sedikit hingga tekstur adonan berubah menjadi pasta.
  3. Ambil telur asin, balurkan adonan keseluruh permukaan telur hingga semua permukaan telur tertutup oleh semua adonan.
  4. Setelah itu, simpan telur di wadah tertutup dan diamkan hingga seminggu. Tapi, karena di KBMI akan diadakan lima hari lagi, jadi telur hanya kami inapkan sekitar 4 hari saja.
Dan ini keseruan anak-anak KBMI dalam membuat telur asin





Kegiatan membuat telur asin bagian pertama sudah selesai. Tapi belum seluruhnya selesai lho. Telur asin harus didiamkan beberapa hari terlebih dahulu, sebelum benar-benar siap untuk bisa dimakan. Dan proses membuat telur asin seterusnya, bisa teman-teman baca di postingan kami selanjutnya ya....

BERSAMBUNG....

1 komentar:

  1. wah lucu sekali anak2 nya pasti mereka senang belajar membuat telur asin nya





    BalasHapus