Senin, 16 Januari 2017

Puncak Tema Lingkunganku 2016-2016


Hai...hai... berjumpa kembali di Puncak Tema Lingkunganku. Beragam kegiatan yang mengasyikkan sudah disiapkan oleh Ustadz dan Ustadzah. Kegiatan tersebut diantaranya:

1. Mencuci piring


2. Menuangkan air kedalam wadah

3. Menyiram tanaman

4. Mewarnai gambar rumah dengan semprotan

Ini nih perlengkapannya...






















Mari bersiap!

Kegiatan dimulai dengan berbaris dan gerak badan ringan. Setelah itu, anak-anak masuk ke dalam kelas untuk berdoa, hafalan surat pendek, salam dan absensi.

Setelah semua kegiatan pembukaan selesai, kegiatan selanjutnya adalah bercakap-cakap seputar kegiatan yang akan anak-anak kerjakan pada hari ini.

Usai bercakap-cakap, ustadzah mengajak anak-anak keluar kelas dan memakai sandal yang mereka bawa dari rumah. Tak lupa tentu saja ustadz dan ustadzah selalu mengingatkan untuk memakai sandal /sepatu dari kaki kanan terlebih dahulu.

Anak-anak diminta membuat barisan kereta api. Setelah barisan terbentuk, anak-anak diajak berkeliling di lingkungan sekolah. Ustadzah kembali menjelaskan tempat-tempat yang ada di lingkungan sekolah. Mulai dari tempat bermain, kantin, ruang kelas kakak-kakak TK, kamar mandi dll.


Selanjutnya, ustadzah mengajak anak untuk melihat ragam main yang sudah disiapkan. Mulai dari memasukkan air ke dalam teko dan menuangkan ke dalam wadah, melukis dengan semprotan, mencuci piring dan menyiram tanaman.

Let's play!!!

Anak- anak dibagi menjadi empat kelompok. Tiap kelompok menempati satu kegiatan bermain. Dan di masing-masing kelompok ada satu ustadzah yang mendampingi anak-anak bermain. Setiap kelompok akan secara bergantian bermain dari satu kegiatan ke kegiatan yang lainnya.

Misalnya kelompok satu di kegiatan mencuci piring, jika sudah selesai akan berpindah ke kegiatan menuangkan air. Lalu ke kegiatan menyiram tanaman dan ditutup ke kegiatan mewarnai gambar rumah dengan semprotan.

Begitu juga dengan kelompok yang lainnya. Intinya, setiap kelompok diusahakan pindah dari satu kegiatan ke kegiatan yang lainnya dalam waktu yang bersamaan. Jika sudah menyelesaikan semua kegiatan, anak-anak bisa kembali ke kelas untuk cuci tangan dan persiapan makan bersama.

Yuk kita liha keseruannya!


Ini foto-fotonya....
Mencuci piring sampai bersih
Bunganya disiram supaya segar
Fokus dan konsentrasi penuh agar tidak tumpah
Koordinasi mata dan tangan serta cita rasa seni
Selesai kegiatan makan bersama anak-anak bisa beristirahat sambil bermain. Sembari anak-anak bermain, ustadz menyiapkan ruangan kelas untuk kegiatan selanjut. Tak lupa proyektor, layar dan laptop dipersiapkan.

Kegiatan setelah istirahat, ustadzah akan menjelaskan segala hal yang sudah disampaikan berkaitan dengan tema Lingkungan. Semuanya sudah dirangkum dalam bentuk power point buatan ustadzah. Dijamin menarik dan tidak membosankan.


Alhamdulillah, kegiatan hari ini berjalan dengan lancar. Sampai jumpa di puncak tema selanjutnya yaaaa......


Tidak ada komentar:

Posting Komentar