Kamis, 07 Maret 2013

Resume Pilihan Bulan Ini

BUKU PEDOMAN PENERAPAN PENDEKATAN BCCT (BEYOND CENTERS AND CIRCLES TIME) PENDEKATAN SENTRA DAN SAAT LINGKARAN

Oleh. Ita El Karimah S.Pd

Buku tersebut menjelaskan bahwa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memiliki peran sangat penting dalam pengembangan sumber daya manusia. 

Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini memerlukan pendekatan yang tepat agar dapat mengoptimalkan seluruh potensi yang dimiliki anak, terutama dalam melejitkan seluruh potensi kecerdasan anak. Untuk mendukung hal tersebut, pendekatan metode BCCT yang mendasarkan pada asumsi bahwa anak belajar melalui bermain dengan benda-benda dan lingkungan. 

Dalam bermain, anak berinteraksi dengan lingkungannya. Pengalaman bermain yang tepat dapat mengoptimalkan seluruh aspek perkembangan anak, baik fisik, emosi, kognisi, maupun sosial anak.

Pendekatan BCCT mendasarkan kegiatan bermain sesuai dengan tahapan perkembangan anak. DEPDIKNAS DIRJEN Pendidikan Luar Sekolah Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini menerbitkan buku ini untuk memberikan pedoman kepada aparat terkait dan lembaga penyelenggara PAUD dalam menggunakan BCCT. 

Pengertian pendekatan sentra dan saat lingkaran adalah pendekatan penyelenggaraan PAUD yang berfokus pada anak. Proses pembelajarannya berpusat di sentra main dalam lingkaran dengan menggunakan 4 jenis pijakan. Yaitu:
  1. Pijakan lingkungan main.
  2. Pijakan sebelum main.
  3. Pijakan selama main.
  4. Pijakan setelah main.
Dalam BCCT, setiap sentra didukung dengan pijakan yang terkait, penyiapan tempat dan alat permaian edukatif (APE), serta penyiapan administrasi kelompok, pencatatan perkembangan anak.

Proses pembelajaran BCCT yaitu:
  1. Penataan lingkungan main.
  2. Penyambutan anak.
  3. Main pembukaan ( pengalaman gerakan kasar).
  4. Transisi 10 menit.
  5. Kegiatan inti di masing-masing kelompok. (pijakan sebelum main., pijakan selama main, pijakan setelah main).
  6. Makan bekal bersama
  7. Kegiatan penutup

1 komentar: