Jumat, 22 November 2013

Mengecap Bentuk Ulat


Masih dalam Tema Binatang, Kali ini kita akan bermain Mengecap Bentuk Ulat. Kegiatan ini adalah hasil silaturrahmi dari blog ke blog. Hehehe...


Seperti biasa, kita siapkan dulu perlengkapannya. Yaitu:
  1. Lem kayu 
  2. Pewarna makanan cair warna merah, biru, kuning, hijau
  3. Kertas manila warna putih
  4. Gelas plastik/ plastik cetakan agar-agar dll
  5. Garpu plastik
  6. Piring untuk tempat adonan
Alat dan bahan sudah siap. Kita siapkan dulu settingan bermainnya. Dan dengarkan arahan bu Guru dengan baik.



Saatnya untuk bermain. Let's play....
  1. Bagi lem kayu secukupnya keempat piring yang berbeda. Masing-masing piring kemudian beri warna merah, kuning, biru dan hijau. Aduk hingga lem dan pewarna benar-benar tercampur rata.
  2. Letakkan gelas plastik dengan posisi terbalik pada masing-masing piring (ketiga adonan warna ini akan kita gunakan untuk mengecap bentuk tubuh ulat). KECUALI untuk piring adonan warna hijau, letakkan garpu plastik (adonan hijau ini kita gunakan untuk mengecap bentuk kaki ulat).
  3. Ambil kertas manila putih. Oya, khusus bagian kepala Ulat yang ada mata dan antenanya bisa kita buat sebelum atau sesudah mengecap selesai dilakukan. Untuk kali ini, Bu Guru sudah membuat bagian kepalanya terlebih dahulu.
  4. Anak mulai mengecap bentuk lingkaran dengan posisi horizontal. Lingkaran berjejer seperti membuat gerbong kereta api hehehe.... Beri kebebasan kepada anak untuk berekspresi menggunakan warna yang dia inginkan.
  5. Jika badan ulat sudah jadi, saatnya membuat kaki ulat dengan garpu plastik. Caranya adalah menggoreskannya secara vertikal dari atas ke bawah, dimulai dari lingkaran kepala bagian bawah.
  6. Dan... Ulat pemakan daun-pun sudah jadi. 
Penasaran dengan keseruannya? Yuk kita lihat foto-fotonya





Selain mengasyikkan, kegiatan diatas juga memiliki nilai edukasi. Diantaranya:
  • Anak dapat mengenal warna dasar (merah, kuning, biru) dan warna sekunder (hijau).
  • Anak dapat mengenal bentuk lingkaran.
  • Melatih koordinasi mata dan tangan.
  • Melatih motorik halus anak.
  • Anak mengenal satu lagi mahluk hidup ciptaan Allah.

3 komentar:

  1. Menarik, Cantik-cantik ya ulat-ulatnya, kreatif nich anak-anak, ayo semangat ya get upload..sukses selalu... terimakasih.

    BalasHapus
  2. Moga moga Ma'had Islam, tabah menghadapi zaman, membina jiwa pribadi, putra dan putrinya...Jaya terus KB Ma'had Islam, makin sukses makin berprestasi...dan tetap semangat...!!!

    BalasHapus