Minggu, 26 Januari 2014

Puncak Tema Binatang

Berjumpa lagi di puncak tema Binatang. Kali ini Ustadz dan Ustadzah sudah menyiapkan beberapa kegiatan yang pasti mengasyikan. Diantaranya:

1. Melanjutkan membuat telur asin










2. Membuat cumi-cumi dari piring kertas










3. Mamasangkan benda dengan bayangannya










4. Mengecap bentuk ulat










Hari ini kita akan belajar di luar kelas. Semua keperluan kegiatan bermain sudah disiapkan, ditata dan diatur sebaik mungkin. 


Seperti biasa, kegiatan kita mulai dari berbaris, kemudian gerak badan baru deh setelah itu kita masuk kelas. Agar kegiatan kita hari ini berjalan dengan lancar, berdoa dan hafalan surat pendek tidak boleh kita lupakan ya. 

Setelah itu, ustadzah mengabsen satu persatu anak-anak KBMI. Dilanjutkan dengan bercakap-cakap tentang tema dan kegiatan yang akan anak-anak lakukan dihari ini.


Anak-anak berbaris satu persatu membentuk kereta api. Mereka diajak untuk melihat dulu ragam main yang sudah disiapkan oleh ustadz dan ustadzah sambil memperhatikan apa yang diperagakan oleh ustadzah dengan seksama.

Setelah menjelaskan semua kegiatan yang akan anak-anak lakukan, Ustadzah bersama anak-anak membuat kesepakatan tentang aturan bermain yang harus ditaati bersama. Selain itu, ustadzah menawarkan anak-anak untuk bermain di kegiatan apa yang mana terlebih dahulu.

Dan.... Saatnya bermain....

Mengecap bentuk ulat, anak-anak belajar mengecap menggunakan gelas plastik. Disini anak dapat belajar mengenal bentuk lingkaran, mengenal warna, serta belajar menghitung jumlah lingkaran yang ada pada ulat yang mereka buat.


Kegiatan memasangkan benda dengan bayangannya, melatih konsentrasi dan kepekaan anak. Selain itu, anak-anak juga dapat mengenal berbagai macam jenis binatang.


Melanjutkan membuat telur asin, kegiatan yang dilakukan oleh anak-anak adalah melepas lapisan adonan abu gosok, garam dan tepung batu bata. Setelah itu anak mencuci bersih telur asin setengah jadi tersebut, untuk kemudian telur tersebut direbus oleh Ustadzah agar telur asin siap untuk di bawa pulang.


Yang dilakukan oleh anak-anak pada kegiatan membuat cumi-cumi dari piring kertas adalah menempelkan potongan kertas pada piring yang sudah dipotong berbentuk setengah lingkaran. Tak lupa pula tempelkan dua buah lingkaran berwarna hitam hingga membentuk sepasang mata cumi-cumi.


Selesai dengan empat kegiatan diatas, anak-anak diperbolehkan untuk masuk ke dalam kelas karena kegiatan selanjutnya adalah makan dan istirahat. 

Kegiatan seru berikutnya, ustadzah sudah menyiapkan beraneka ragam telur unggas. Diantaranya: telur ayam kampung, telur ayam broiler, telur bebek, telur puyuh dan telur burung dara. Ustadzah menjelaskan masing-masing telur mulai dari jenis dan asalnya. Tak lupa anak-anak diberi kesempatan untuk memegang dan mengamati masing-masing telur tersebut.




Kegiatan puncak tema hari ini ditutup dengan recalling, membaca doa, salam daaannnn... membagikan telur asin matang untuk anak-anak bawa pulang.


Sampai jumpa di Puncak Tema selanjutnya yaaaaaa.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar