Rabu, 01 Februari 2017

Puncak Tema Binatang

Hallo... senang dapat berjumpa kembali di Puncak Tema Binatang. Semua perlengkapan puncak tema sudah tertata rapi. Untuk informasi, beberapa hari sebelumnya telah diinformasikan kepada anak-anak bahwa pada kegiatan puncak tema, anak-anak diminta untuk membawa binatang peliharaan yang mereka miliki.

Beberapa kegiatan yang sudah disiapkan yakni:

1. Menangkap ikan dengan tangan

2. Membuat kura-kura dari piring kertas

 3. Mencuci mainan binatang

Seperti biasa, kegiatan diawali dengan berbaris, kemudian membaca doa dan hafalan surat-surat pendek. Dilanjutkan dengan absensi dan bercakap-cakap tentang kegiatan yang akan anak-anak kerjakan pada hari ini.


Di waktu yang bersamaan, di ruang sebelah ustadz telah menyiapkan beberapa perlengkapan yang akan anak-anak gunakan untuk kegiatan cooking class. Dan, hari ini kita akan membuat tahu sakura.

Bahan yang diperlukan adalah:

  • Tahu putih
  • Telur ayam 
  • Telur puyuh
  • Wortel yang telah diserut
  • Daun bawang yang diiris tipis
  • Bawang putih cincang
  • Garam secukupnya


Pertama-tama ustadzah menjelaskan terlebih dahulu cara membuat tahu sakura. Anak-anak memperhatikan dengan seksama. Setelah itu, anak-anak dibagi ke dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri dari tiga sampai empat anak. Masing-masing kelompok telah disediakan semua bahan dan peralatan untuk membuat tahu sakura.
Setelah itu, anak-anak mencoba untuk membuat tahu sakura. Dari mulai menghancurkan tahu, mencampurnya dengan bumbu dan sayuran hingga mencetak adonan ke dalam cetakan. Setelah itu, baru tugas ustadzah untuk mengukus tahu sakura sampai matang. Oya, tahu sakura yang sudah matang akan dibawa pulang anak-anak.

Ustadzah memberi contoh
Ayo, tekan-tekan yang kuat adonannya!
Adonannya selesai dicetak
Kukus hingga matang ya...
Tahu sakura sudah dikemas, siap dibawa pulang
Proses pembuatan tahu sakura yang dilakukan anak-anak hanya sampai mencetak di cetakan saja. Untuk mengukus sampai matang semua dilakukan oleh ustadzah. 

Sambil menunggu tahu sakura matang, anak-anak diajak untuk keluar kelas. Di luar kelas, ustadz juga sudah menata binatang-binatang peliharaan yang anak-anak bawa hari ini.  Ada yang membawa kucing, ikan, kura-kura, burung, jangkrik bahkan ada juga yang membawa laba-laba.


Ustadz menjelaskan satu persatu binatang yang ada. Mulai dari nama binatang, tempat hidup dan makkanannya. Bahkan ada beberapa binatang tertentu yang anak-anak boleh memegang dan bahkan menggendongnya. Diantaranya kucing persia milik aldrian, anak kura-kura milik Ammara, burung merpati milik Jawad. Anak-anak nampak antusias, namun ada juga yang takut untuk menyentuh binatang tersebut.

Ustad sedang menjelaskan binatang laba-laba
Jibril berani memegang kura-kura
Ada yang bawa lovebird lho
Setelah belajar mengenal macam-macam binatang, anak-anak kembali dibagi menjadi tiga kelompok. Kali ini mereka akan diajak untuk bermain membuat kura-kura dengan piring kertas, mencuci mainan binatang dan menangkap ikan dengan tangan.

Dan, inilah keseruannya yang tertangkap kamera hehehe...

Membuat kura-kura
Serius banget menyikat binatang mainan
Ayo.... tangkap ikannya
Setelah semua anak bermain di tiga ragam main, mereka diminta kembali masuk kedalam kelas dan mencuci tangan dengan sabun. Kegiatan selanjutnya adalah makan bersama dan istirahat. Sambil ustadz mempersiapkan ruangan sebelah untuk dipasang proyektor. Karena setelah ini ustadzah akan menjelaskan materi binatang dengan menggunakan power point.
Anak-anak serius memperhatikan.
Alhamdulillah, puncak tema binatang sudah terlaksana. Sampai jumpa di puncak tema selanjutnya yaaaaaa....




Tidak ada komentar:

Posting Komentar