Minggu, 19 Februari 2017

Puncak Tema Rekreasi

Jalan-Jalan ke Museum Batik KB Ma'had Islam


Hai...hai...hai... Berjumpa kembali di Puncak Tema Rekreasi. Hari ini teman-teman akan diajak jalan-jalan ke Museum Batik KB Ma'had Islam. Ustadz dan Ustadzah sudah menyiapkan beberapa kegiatan seru hari ini.

Oya, ruangan kelas kita sudah disulap sedemikian rupa menjadi Museum Batik.  Yuk kita tengok ke dalam! Ada apa aja sih???
1. Loket
Kalau mau masuk museum, jangan lupa beli tiket di loket ya...  Lihat, di keranjang ada stempel, uang kertas mainan dan karcis tentunya.



2. Stand Mengarsir Motif Batik dengan Kuas
Peralatan yang sudah disediakan diantaranya mangkuk plastik berisi pewarna makan. Ada yang merah, kuning dan biru. Kertas manila yang sudah digambari dengan menggunakan krayon putih. Dan yang ngga kalah pentingnya adalah kuas.



3. Stand Membuat batik cap
Disini, teman-teman akan mengecap dengan canting cap beneran lho. Namun canting capnya terbuat dari kayu. Jadi ringan. Kalau memakai canting cap yang terbuat dari tembaga anak-anak pasti agak kesulitan. Selain canting cap, Ustadz juga sudah menyiapkan tas, piring berisi pewarna merah, kuning dan biru.


4. Stand Peralatan Membatik.
Di stand ini, Ustadz dan Ustadzah sudah menyiapkan semua perlengkapan yang digunakan untuk membatik. Mulai dari canting tulis, canting cap yang terbuat dari tembaga, kompor dan wajan kecil untuk memanaskan lilin malam, kain mori yang sudah diberi pola, kain mori yang polanya sudah ditutup dengan lilin malam. 


5. Stand Galeri Batik
Aneka produk batik tersedia disini. Mulai dari daster, hem, celana panjang, kerudung, mukena, sandal, blangkon, dompet dan kipas. Teeman-teman akan diajak untuk bermain peran sebagai penjual dan pembeli di stand ini. Meja kasir dan tas plastik pun sudah disiapkan.


6. Kafe Batik.
Puas berkeliling Museum Batik, teman-teman pasti lelah. Dan, kita bisa beristirahat di Kafe Batik. Menu hari ini adalah oreo with milk. Alias oreo celup susu hehehe.... Untuk makanan dan minumannya pun telah ditata oleh ustadzah.



Mari kita mulai bermain!
Sebagai kegiatan pembuka, membaca doa dan hafalan surat-surat pendek. Dilanjutkan dengan salam, absensi dan bercakap-cakap tentang kegiatan yang akan dilakukan pada hari ini. 

Teman-teman kemudian diminta untuk berdiri dan membuat barisan memanjang ke belakang seperti kereta api. Setelah itu teman-teman diajak masuk ke dalam Museum Batik. Ustadzah wali kelas menjelaskan satu-persatu stand yang ada di Museum Batik KBMI serta kegiatan yang akan teman-teman kerjakan selama di dalam museum. 

Selesai menjelaskan apa saja kegiatan yang akan teman-teman lakukan, teman-teman kemudian digiring lagi untuk keluar ruangan.

Di luar ruangan, teman-teman dibagi menjadi tiga kelompok dengan jumlah yang sama banyak. Setiap kelompok dipimpin oleh satu ustadz/ustadzah. Oya, teman-teman akan dibekali dengan uang kertas. Uang kertas tersebut berfungsi sebagai alat pembayaran saat membeli tiket masuk museum dan alat pembayaran saat teman-teman berada di stand galeri batik.

Setelah semua mendapatkan uang, ustadzah menunjuk dua anak yang akan bertugas sebagai penjaga loket. Anak yang pertama bertugas menerima uang dan memberikan karcis. Anak yang kedua bertugas menstempel tangan pengunjung museum.

Setelah semua paham dengan tugas masing-masing, barulah permainan kita mulai. Bismillahirrohmanirrohiim...



Teman-teman masuk ke dalam museum sesuai dengan kelompok masing-masing petugas penjaga tiket sudah bersiap di tempatnya menyambut para pengunjung museum. 

Kelompok pertama, setelah dari loket diajak mengunjungi stand mengarsir motif batik dengan kuas. Kelompok kedua memasuki stand membuat batik cap. Dan, kelompok terakhir menuju stand peralatan membatik. Secara otomatis, masing-masing kelompok akan secara bergantian memasuki stand yang tersedia.

Berikut adalah beberapa kegiatan yang tertangkap mata kamera hehehe...
Bayar tiketnya dulu ya...
Yang sudah bayar, tangannya di stempel.
Ayo, yang masih putih dikuas ya...
Warnai sampai permukaan kertasnya sampai penuh ya...
Canting cap-nya ditekan yang kuat ya...
Warnanya boleh diganti
Anak-anak serius dengan kegiatannya
Dipilih...dipilih...
Jangan lupa dibayar yaaaa....
Ustadzah sedang menerangkan pembuatan batik tulis
Setelah semua stand selesai dikunjungi, teman-teman diajak untuk mencuci tangan. Selesai mencuci tangan, mereka segera ke kafe batik. Semua diminta untuk duduk yang rapi dan dilanjutkan dengan membaca doa sebelum makan. 

Ustadz dan ustadzah menyajikan menu utama kafe batik hari ini. Yaitu biskuit oreo dan segelas susu. Anak-anak menikmati sajian kafe batik dengan iringan musik lagu jawa. Nikmatnya....

Selagi teman-teman menikmati makanan, ustadz memasang layar dan proyektor. Menyiapkan kegiatan terakhir di puncak tema rekreasi. 



Selesai makan, Teman-teman diajak untuk memperhatikan penjelasan Ustadzah tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan tema rekreasi. Tentu saja dengan menggunakan media power point yang dibuat semenarik mungkin untuk teman-teman semua.


Saat ustadzah menjelaskan menggunakan power point, ustadzah yang lainnya menata tas yang tadi telah dicap teman-teman ke dalam plastik. Tas tersebut akan dibagikan  untuk dibawa pulang. Hore....



Alhamdulillah... Kegiatan puncak tema Rekreasi hari ini berjalan dengan lancar. Sampai berjumpa di puncak tema selanjutnya ya....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar