Jumat, 18 November 2016

Masa Orientasi Siswa Baru Ala KB Ma'had Islam




Selamat datang Tahun Ajaran 2016-2017. Selamat datang juga untuk anak-anak didik Kelompok Bermain Ma'had Islam. Baik itu anak baru maupun anak yang mengulang. Selama satu tahun ke depan kita akan bermain dan berkegiatan bersama dengan riang gembira.

Minggu pertama sekolah ini, kami menyebutnya dengan Masa Orientasi Siswa Baru. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh anak didik KB Ma'had Islam. Kelompok Ceria dan Kelompok Gembira berkumpul menjadi satu.

Jangan tanya kehebohannya ya. Maklum setiap hari pertama sekolah, bukan hanya anak saja yang berangkat. Ibu, ayah, nenek, asisten rumah tangga juga ikut mengantar. Maklumlah, terkadang para orangtua dan kakek nenek penasaran dengan anak mereka di sekolah hehehe...

Kegiatan Masa Orientasi Siswa Baru ini bertujuan agar anak-anak didik di KB Ma'had Islam:
  1. Mengenal Ustadz dan Ustadzahnya
  2. Mengenal teman-teman barunya
  3. Mengenal ruangan kelasnya, termasuk didalamnya letak tempat sampah, wastafel, kapstok untuk menyimpan tas mereka, rak mainan dan rak buku-buku cerita.
  4. Mengenal lingkungan sekolah. Termasuk didalamnya letak toilet, dapur, UKS,  kantin,  taman bermain, serta ruang-ruang kelas kakak TK.
Setting kelas kegiatan MOS
Semua kegiatan dan kelengkapan pendukung telah Ustadz dan Ustadzah siap. Mulai dari setting kelas, Kegiatan anak-anak selama MOS, tak lupa daftar menu makanan pun sudah dipersiapkan. 

Dan, mulai hari senin 18 Juli 2014 sampai 3 hari kedepan MOS KB Mahad Islam dimulai.

HARI PERTAMA
Ustadzah Eni sedang pemperkenalkan diri
Kegiatan hari ini diisi oleh Ustadzah cici. Kegiatannya adalah ucapan selamat datang yang dilanjutkan dengan membaca doa sebelum belajar, QS Al Fatihah dan salam. 

Dilanjutkan dengan absensi. Dalam kegiatan absensi ini, anak yang dipanggil namanya diminta untuk maju ke depan. Selanjutnya Ustadzah akan memakaikan name tag yang bertuliskan nama panggilan mereka.

Yeay semua sudah dapat name tag. Saatnya kita menonton. Ustadzah sudah menyiapkan proyektor beserta layarnya. Anak-anak kami ajak menonton kegiatan apa saja yang insyaAllah akan mereka lakukan selama satu tahun ke depan bersama Ustadz dan Ustadzah.

Selesai menonton, kegiatan selanjutnya adalah perkenalan Ustadz dan Ustadzah yang ada di KB Ma'had Islam. Satu persatu Ustadz dan Ustadzah maju memperkenalkan diri. Mulai dari nama, alamat dan hobi. Sesekali diselingi oleh nyanyi dan tepuk bersama.

HARI KEDUA
Hallo... Namaku Ammara
Kegiatan di hari kedua dipimpin oleh Ustadzah Yuni. Ruangan juga sudah disetting sedemikian rupa. Sebuah mini panggung lengkap dengan sound system. Yup, kegiatan hari ini adalah perkenalan anak didik.

Seperti biasa, kegiatan dimulai dengan berdoa, membaca surat Al Fatihah lalu salam. Ustadzah Yuni juga mengabsen anak satu persatu serta memberitahu apa yang harus anak-anak lakukan jika nama mereka di panggil. Yaitu dengan mengangkat tangan kanan lalu menjawab dengan kata "hadir" untuk anak laki-laki dan "hadiroh" untuk anak perempuan.

Selanjutnya, ustadzah menjelaskan kegiatan yang akan-anak lakukan pada hari ini. Anak-anak diminta satu persatu untuk naik ke atas panggung. Mereka diminta untuk memperkenalkan diri. Tentu saja tetap dipandu oleh Ustadzah. Pertanyaan yang diajukan adalah seputar nama, rumah dan kegemaran anak-anak. 

Setelah itu, anak-anak yang diminta untuk menyanyi ataupun berekspresi di atas panggung. Bukan hal yang mudah memang, namun Ustadzah sudah menyiapkan reward bagi semua anak yang berani maju ke atas panggung. Stiker berbentuk bintang hehehe...

 HARI KETIGA
Menjelaskan kegunaan watafel
Kegiatan pada hari ini dipimpin oleh Ustadzah Eni. Seting kelas kali ini satu set proyektor sudah disiapkan. Mini panggung yang kemarin dipakai sudah tidak ada lagi. Karena kegiatan hari ini adalah mengenal ruangan kelas dan benda-benda yang ada di dalamnya serta bermain peran makro merapikan kelas dan membuang sampah pada tempatnya.

Setelah kegiatan pembuka, Ustadzah Eni memutar film dan slide tentang keadaan di dalam kelas. Benda-benda yang ada di dalamnya serta fungsinya. Anak-anak kemudian diminta untuk berbaris memanjang membentuk kereta api. 

Selanjutnya anka-anak diajak berkeliling di dalam kelas. Mulai dari menunjukkan letak rak mainan, lalu menjelaskan bahwa anak-anak boleh bermain menggunakan semua mainan yang ada di dalam rak dengan syarat setelah bermain mereka harus merapikan mainannya kembali. 

Perjalanan dilanjutkan kembali menuju wastafel. Ustadzah Eni menjelaskan fungsinya wastafel dan tata cara menggunakannya. Begitu pula seterusnya, meja guru, tempat sampah, kapstok dll.

Ustadzah Eni dan anak-anak berada di ruangan kelas yang satunya lagi, Ustadzah Yuni dan Ustadz Mahbub menyebarkan potongan-potongan kertas dan plastik di semua sudut. Ruangan kelas dibuat kotor dan berantakan. 

Anak-anak kemudian diajak ke dalam kelas yang berantakan. Mereka, dipimpin oleh ustadzah diajak untuk membuang sampah yang berserakan tersebut ke dalam tempat sampah. Alhamdulillah, anak-anak bersemangat untuk memunguti sampah dan membuangnya di tempat sampah.  Kelas pun kembali menjadi bersih.

HARI KEEMPAT

Ustadzah Cici, Ustadzhah Yuni dan Ustadzah Eni sudah beraksi. Kini saatnya Ustadz Mahbub beraksi hehehe...

Hari ini adalah hari terakhir MOS KB Ma'had Islam. Ustadz dan Ustadzah sudah menyiapkan balon. Balon-balon tersebut akan diberikan untuk anak-anak yang hebat hari ini. Sekaligus menandai berakhir Masa Orientasi Sekolah.

Kegiatan hari ini adalah mengenal lingkungan sekolah. Setelah kegiatan pembuka, Ustadz memutarkan film tentang lingkungan sekolah. Ustadz juga menjelaskan apa saja yang ada di lingkungan sekolah KB Ma'had Islam.

Selanjutnya, anak-anak diminta untuk keluar kelas dan memakai sepatu. Setelah itu, anak-anak diminta berbaris membentuk kereta api. Dipimpin oleh Ustadz Mahbub anak-anak diajak berkeliling sekolah. 

Tujuannya adalah untuk memberitahu anak-anak letak toilet, letak dapur, letak taman bermain, letak kelas kakak-kakak TK dll. Lelah berkeliling, anak-anak diajak kembali masuk kedalam kelas. Untuk cuci tangan dan makan bersama.

Alhamdulillah, rangkaian MOS KB Ma'had Islam berakhir hari ini. Ditutup dengan pembagian balon untuk semua anak-anak.
Balonnya siap dibagikan
Terima kasih balonnya ustadzah :)
Petualangan di tahun ajaran 2016-2017 baru saja dimulai. Smoga keberkahan rahmat dan kasih sayang Allah senantiasa membersamai perjalanan kita di KB Ma'had Islam yang kita cintai ini. amin....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar