Minggu, 19 Maret 2017

Lomba Halang Rintang Anak dan Orangtua KB Ma'had Islam


Sabtu, 11 Maret 2017 KB Ma'had Islam terasa sangat ramai. Mengapa? Karena hari ini ada kegiatan parenting, berupa lomba halang rintang anak dan orangtua. Kelompok Ceria dan Kelompok Gembira berkumpul menjadi satu lengkap dengan orangtua mereka.

Beberapa hari sebelumnya Ustadzah telah mengeluarkan surat pemberitahuan tentang kegiatan ini. Setiap anak harus ditemani oleh satu orangtua. Bisa ayah atau pun ibu.  Namun tidak kami jelaskan jenis lomba yang akan anak dan orangtua ikuti. Bukan apa-apa, tapi karena kami ingin membuat kejutan hehehe. 

Dua set piala juga sudah kami siapkan. Juara 1, 2 dan 3 untuk Kelompok Ceria. Juara 1, 2 dan 3 untuk Kelompok Gembira. Plus 1 piala untuk juara favorit. Juara favorit disini adalah pasangan anak dan orangtua yang tidak mendapat juara 1, 2 ataupun 3, namun kerjasama mereka sangat baik. 
Oya, pada kegiatan kali ini, makanan juga berlimpah. Karena anak-anak juga diharapkan membawa makanan kecil/ jajanan pasar sebanyak lima buah dari rumah. Tujuannya adalah untuk saling berbagi. Selain itu, sekolah juga sudah menyiapkan menu makanan tradisional khas kota Pekalongan. Yaitu nasi megono untuk orangtua dan nasi mie untuk anak-anak. Alhamdulillah.

Aneka jajanan pasar yang dibawa anak-anak
Lomba halang rintang kali terdiri dari tiga tantangan.
  1. Anak memasukkan bola ke dalam tas kantong plastik yang dipakai orang tua. 
  2. Orang tua memasukkan air ke dalam botol menggunakan spons
  3. Merangkai potongan rantai bentuk geometri hingga menjadi satu rangkaian yang panjang.
Bagi anak dan orangtua yang menyelesaikan ketiga tantangan tersebut terlebih dahulu, dialah pemenangnya.

Anak dan orangtua KBMI
Anak-anak dan orangtua KBMI
Jam 08.15 kegiatan kita mulai. Anak-anak terlebih dahulu masuk ke dalam kelas. Orangtua menunggu di luar. Seperti biasa, kegiatan dimulai dengan membaca doa, hafalan surat-surat pendek, salam dan absensi. Selanjutnya Ustadzah bercakap-cakap dengan anak-anak, menjelaskan kegiatan yang akan anak-anak ikuti pada hari ini.

Selanjutnya anak-anak diajak untuk keluar kelas, memakai sepatu dan berkumpul dengan orang tua masing-masing. Anak dan orangtua menempati tempat yang sudah disediakan (lesehan di pinggir halaman hehehe...). 

Setelah semuanya siap, Ustadzah Cici menjelaskan aturan main untuk lomba halang rintang ini. Tak lupa Ustadzah Yuni dan Ustadzah Eni mensimulasikan lomba halang rintang ini. Dari mulai start hingga finish. Ustadzah Yuni berperan sebagai ibu dan Ustadzah Eni berperan sebagai anak.

Perhatikan aturan mainnya ya!
Simulasi lomba halang rintang oleh Ustadzah
Siaaaap... Lomba siap untuk dimulai. Lomba terdiri dari dua babak. Babak pertama adalah babak penyisihan dan babak kedua adalah babak final. Pada babak penyisihan,terdiri dari tiga kali lomba. satu kali lomba diikuti oleh empat sampai lima pasang anak dan orangtua untuk kemudian dicari satu orang pemenang. Selanjutnya, setiap pemenang pada babak penyisihan ini otomatis akan masik pada babak final. Dan pada babak final inilah kita akan mendapatkan juara 1, 2 dan 3.

Penasaran dengan keseruannya... Ini beberapa moment yang tertangkap lensa kamera HP Ustadzah Yuni hehehe... Let's check this out!

Bersiap di garis start
Anak memasukkan bola ke dalam kantong plastik
Memasukkan air ke dalam botol dengan spons
merangkai rantai bentuk geometri
Selesai lomba, anak dan orangtua dipersilahkan untuk masuk ke dalam kelas. Karena kegiatan selanjutnya adalah makan bersama. Setelah cuci tangan dan berdoa bersama, anak dan ortu dapat menikmati hidangan yang telah disediakan.
Nasi Megono siap santap
Yeaayyy... makan-makan kita :D

Selesai makan bersama, tibalah saat yang ditungu-tunggu. Yaitu penyerahan piala kepada pemenang lomba halang rintang anak dan orangtua. Dan... pemenang lomba pada hari ini adalah:

Kelompok Ceria:
  • Juara 1 : Luqman dan Mama
  • Juara 2 : Al Aqsha dan Mama
  • Juara 3 : Sana dan Mama
Kelompok Gembira:
  • Juara 1 : Jamal dan Mama
  • Juara 2 : Andin dan Mama
  • Juara 3 : Lean dan Mama
Dan... Juara favorit jatuh kepada  Raikhan dan Mama

Selamat untuk para pemenang ya... Bagi yang belum menjadi pemenang, jangan patah semangat.

Alhamdulillah, lomba halang rintang anak dan orang tua berjalan dengan lancar. Sampai jumpa di lomba-lomba selanjutnya yaaaaa.....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar