Minggu, 05 Maret 2017

Puncak Tema Pekerjaan 2016-2017


Ada yang istimewa di puncak tema pekerjaan kali ini. Apakah itu... ya, betul. Ustadz dan Ustadzah tampil beda kali ini. Ada Ustadzah Cici yang menjadi koki, Ustadzah Yuni menjadi mbok jamu, Ustadzah Eni menjadi perawat dan Ustadz Mahbub yang menjadi pilot.

Semua itu kami lakukan dalam rangka memperkenalkan beberapa profesi yang ada di masyarakat. Oya, kali ini anak-anak pun tak kalah kerennya dengan Ustadz dan Ustadzah. Anak-anak berangkat ke sekolah dengan mengenakan pakaian cita-cita. Ada yang menggunakan seragam polisi, pesepak bola, pilot, pelaut, dokter, pengusaha dll.

Apa sih kegiatan yang disiapkan Ustadz dan Ustadzah hari ini??? Let's check this out!
1. Stand Ikhsan Airlines
Kegiatan intinya adalah mengecat pesawat mainan. Namun, stand ini didekorasi sedemikian rupa mulai dari hiasan di kaca, gantungan pesawat serta miniatur jenis-jenis pesawat juga disediakan.
Ikhsan Airlines
Miniatur pesawat

2. Stand Kedai Jamu Mbak Yuni
Kegiatan intinya adalah memasukkan jamu ke dalam botol kemudian menata botol itu ke dalam ember kecil. Namun, Ustadzah Yuni juga sudah menyiapkan berbagai alat dan bahan untuk membuat jamu. Termasuk di dalamnnya aneka rempah seperti kayu manis, jahe, sereh, kunyit dll. Anak- anak diharapkan dapat mengetahui berbagai macam bahan dan alat untuk membuat jamu.

Kedai Jamu Mbak Yuni
Jahe, kunyit, sereh dll
Perlengkapan memasukkan jamu ke dalam botol

3. Stand Resto Teh Cici
Kegiatan intinya adalah mengenal profesi koki. Anak akan diajak untuk meracik bakso dan kemudian makan bersama dengan teman-temannya.
Resto Teh Cici
Meracik bakso

4. Stand Sekar Medical Center
Kegiatan intinya adalah menempel gambar ambulance. Namun sebelumnya anak-anak akan dikenalkan denga profesi perawat, alat-alat yang digunakan oleh dokter dan perawat. Pada stand ini anak diajak seakan-akan berada di klinik kesehatan.
Sekar Medical Center
Setting di klinik kesehatan
Perlengkapan menempel gambar ambulance

Setting lingkungan bermainnya sudah beres, saatnya bermain. Bismillahirrohmanirrohim

Seperti biasa kegiatan diawali dengan membaca doa, hafalan surat pendek, salam dan absensi. Setelah itu bercakap-cakap tentang kegiatan yang akan anak-anak lakukan pada hari ini serta aturan main yang harus ditaati.


Selanjutnya, anak-anak diminta untuk membuat barisan memanjang kebelakang seperti kereta api. Anak-anak diajak keluar kelas oleh Ustadzah sambil dikenalkan stand-stand kegiatan yang akan anak-anak mainkan.

Setelah mengelilingi semua stand, anak-anak kemudian dibagi menjadi 3 kelompok yang sama banyak. Oya, setiap stand dijaga oleh Ustadz atau Ustadzah sesuai dengan kostum yang mereka kenakan. Ustadz Mahbub di stand Ikhsan Airlines, Ustadzah Eni di stand Sekar Medical Center, Ustadzah Yuni di stand Kedai Jamu Mbak Yuni dan Ustadzah Cici di stand Resto Teh Cici.




Masing-masing kelompok akan bermain di setiap stand yang telah disediakan kecuali stand Resto Teh Cici. Dan masing-masing kelompok diberi durasi waktu bermain yang sama. Diharapkan anak-anak selesai bermain secara bersamaan sehingga setiap kelompok dapat bergantian dari satu stand ke stand yang lainnya secara bersamaan pula.

Dan... inilah keseruan yang tertangkap lensa kamera :D
1. Di Stand Sekar Medical Center



 2. Di Stand Kedai Jamu Mbak Yuni




3. Di Stand Ikhsan Airlines


Setelah selesai di ketiga stand, anak-anak diajak masuk ke dalam kelas untuk cuci tangan. Anak-anak kemudian dipimpin untuk membaca doa sebelum makan. Setelah itu, semua anak-anak diminta untuk berdiri dan memperhatikan Ustadzah Cici yang akan memperagakan meracik bakso. 

Setelah itu, anak-anak dipersilahkan untuk meracik bakso satu persatu. Bagi yang sudah selesai, mangkok berisi bakso dapat dibawa ke meja makan untuk kemudian anak-anak santap.



Selesai makan bersama, anak-anak diajak ke ruangan sebelah yang sudah disetting sedemikiann rupa lengkap dengan layar dan proyektor. Karena kegiatan selanjutnya adalah penyampaian materi yang berkaitan dengan tema perkerjaan yang telah disiapkan Ustadzah dalam bentuk power point.

Alhamdulillah... Puncak tema pekerjaan telah terlaksana dengan lancar dan tertib. Sampai jumpa di puncak tema selanjutnya yaaaa....
Terima kasih juga untuk Mama Luqman yang foto-fotonya saya gunakan dalam postingan ini.

Oya, pesawat mainan yang sudah anak-anak warnai juga boleh dibawa pulang. Hore.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar